Our Blog

Majapahit, Bali, Papua dan Australia

sumber
Sejarah resmi negeri kangguru, sepertinya harus segera direvisi. Sebab Prof. Regina Ganter, sejarawan dari University of Griffith, Brisbane, Australia – belum lama ini meriset suku Aborigin Marege yang berbahasa Melayu Makasar. Marege adalah desa kuno di tanah Arnhem, di daerah Darwin, Australia Utara. Regina mendapat fakta yang menakjubkan, bahwa komunitas Muslim kuno Aborigin berasal dari Kerajaan Gowa Tallo, Makasar, sudah ada sejak abad ke 17 (1650 an), dan menyebarkan Islam di Australia Utara hingga ke desa Kayu Jawa di Australia Barat.

Sumber: Media, Blog

Islam di Australia memiliki sejarah yang panjang dan bervariasi yang diperkirakan sudah hadir sebelum pemukiman Eropa. Beberapa pengunjung awal Australia adalah Muslim dari Indonesia Timur. Mereka membangun hubungan dengan daratan Australia sejak abad ke-16.

Abdul Shaheed Drew pada media Islaminaustralia edisi 21 Juli 2013 menyebutkan, selama ini kurikulum sekolah mengajarkan bahwa Kapten Inggris James Cook merupakan orang yang pertama kali menemukan benua Australia pada tahun 1770.

Sumber: Media, Blog

Pelayaran orang-orang Makassar ke Tanah Marege secara resmi yang bisa dicatat oleh Pemerintah Australia berakhir pada tahun 1907, tetapi tidak menutup kemungkinan setelah tahun-tahun itu kedatangan mereka secara illegal masih berlanjut sampai tahun ini. Kadang sekarang ini terdapat sampai 300an orang Makassar dan orang Indonesia lainnya yang ditahan di Camp Penampungan Australia. Walaupun ada tindakan dari Pemerintah Australia untuk mencegah mereka agar tidak kembali lagi dengan cara dibakarnya perahu-perahu mereka atau ditentukan harga tebusan yang tinggi untuk perahu yang ditahannya, namun usaha ini tidak banyak membawa hasil.

Sumber: Blog
loading...

BARUS HULU Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.